Pemasaran Buku
Resume Materi Ke :19
Gelombang :24
Tanggal :23 Februari 2022
Tema :Pemasaran Buku
Narasumber :Agust Subardana, S.E,M.M
Moderator :Raliyanti
Dipertemuan ke 19 kali ini narasumber dari Direktur Marketing Penerbit Andi Offset, Bapak Agust Subardana,S.E, M.M. dan Moderator yang luar biasa ibu Raliyanti.
pertemuan ke-19 diawali dengan pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab dan penutup.
Penerbit Andi Merupakan salah satu penerbitan buku mayor, Narasumber telah bekerja di penerbit andi selama 17 tahun,
pemasaran adalah sebuah strategi bisnis yang mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan penjualan suatu produk.
Tujuan dari pemasaran adalah tentunya untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. (Kompas.com)
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
A.Pertumbuhan dalam pemasaran masa pandemi
Dari analisa pasar dan Diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), seperti yang dikutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional mengalami penurunan dalam terpaan pandemi. disebabkan tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.
Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.
genre buku di penerbit ANDI Yogyakarta yang kontribusinya justru bertumbuh di masa pandemi. Antara lain, genre buku sekolah , buku anak, masak, self improvement, hukum, Bisnis, parenting & family, dan computing & technology, dari genre tersebut Penerbit Andi Yogyakarta masih tetap bertahan dan tumbub dalam masa pandemi.
B. Pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.2.Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
C.Pemasaran Buku berlandaskan faktor mikri dan makro dengan Strategi pemasaran buku melalui Online dan offline
1. Pemasaran Buku melalui Online
-a. Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Adapun Manfaat Digital Marketing antara lain :
- Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
- Daya Jangkauan sangat luas
- Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori
- Komunikasi dengan Konsumen Lebih Mudah
- Lebih cepat popular
- Sangat Membantu Meningkatkan Penjualan
- Mudah di evaluasi dan di kembangkan
b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
gunakan jaringan komunitas untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang ditawarkan. Kuncinya harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi.
2. Pemasaran Buku melalui Offline
a. Strategi Pemasaran di Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Tugas Marketing Toko Buku
1. Mempersiapkan Display
2. Cek Stok
3. Menjalin Hubungan baik Dengan Toko Buku
4. Skill Selling
5. Menganalisa Toko
6. Melakukan Reapeat Order
b. Directselling
Directselling menghilangkan perantara yang terlibat dalam distribusi buku seperti pedagang grosir, pusat distribusi regional,
jenis kategori buku lewat direct selling:
1, Buku pendidikan (Buku mata pelajaran dan buku pendamping jenjang TK,SD,SMP,SMA,SMK
2. Buku teks perguruan tinggi untuk semua mata kuliah
3. Buku referensi untuk jenjang TK,SD,SMP,SMA,SMK,Perguruan tinggi
Tugas dari Sales Directselling :
1. kunjungan langsung ke setiap sekolah, TK,SD,SMP,SMA,SMK.
2 kunjungan langsung kesetiap kampus/Perguruan tinggi untuk temui tiap dosen,kaprodi,dekan,LPPM hingga rektor
3. kunjungan ke perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus dan perpustakaan daerah.
dengan kunjungan tersebut berharap dapat membangun hubungan yang baik sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat
Komentar
Posting Komentar